Umar ibn Khattab: Kita Adalah Kaum Yang Dimuliakan Allah Dengan Islam


Sejarah tamadun dan tokoh-tokoh Islam telah banyak mencatatkan kisahnya yang memberikan inspirasi yang mengagumkan kepada penganutnya agar mengambil pelajaran yang berguna, dan antara sosok hebat tersebut adalah Umar Al-Khattab. Saiyidina Umar menegaskan bahwa kemulian kita terletak pada Al-Islam yang ada pada diri kita.

Diriwayatkan oleh al-Hakim melalui jalan Ibn Syihab, beliau berkata: "Telah keluar ‘Umar bin al-Khattab radhiallahu 'anhu ke Syam dan bersama kami Abu 'Ubaidah bin al-Jarrah, maka kami sampai pada aliran sungai sedangkan 'Umar di atas unta, lalu beliau turun dan menanggalkan sepatunya, lalu mengalungkan kedua-duanya pada lehernya, kemudian beliau mengambil tali kendali untanya sambil mengharungi sungai tersebut.

Maka berkatalah Abu 'Ubaidah:

يا أمير المؤمنين! تلقاك الجنود وبطارقة الشام وأنت على حالك هذا؟
Wahai Amirul Mu'minin ! Engkau akan disambut oleh tentara dan pembesar Syam sedangkan engkau berkeadaan (penampilan) begini?

"فقال عمر : "إنا قوم أعزنا الله بالإسلام ، فلن نبتغي العزة بغيره
(المستدرك على الصحيحين , كتاب الإيمان ص. ٢٠٨) ~
Maka berkata 'Umar, "Sesungguhnya kami adalah kaum yang Allah muliakan dengan Islam, maka tidaklah kami mencari kemuliaan dengan yang selainnya".


Sekalipun manusia tak mengenalmu, kebenaran itu tetap memuliakan pemiliknya.

Sumber: Al-Mustadrak 'ala Ash-Shohihain, Kitābul Imān, no. 208

Post a Comment

0 Comments